] Tips Pendaki Gunung Dan 9 Misteri Di Balik Keindahan Gunung Semeru Ini Akan Membangkitkan Bulu Kudukmu, Berani? - Mapala Indonesia | Misteri Dan Pendaki Gunung

Tips Pendaki Gunung Dan 9 Misteri Di Balik Keindahan Gunung Semeru Ini Akan Membangkitkan Bulu Kudukmu, Berani? - Mapala Indonesia

Tips Pendaki Gunung Dan 9 Misteri Di Balik Keindahan Gunung Semeru Ini Akan Membangkitkan Bulu Kudukmu, Berani? - Mapala Indonesia - Hallo sahabat pembaca Misteri Dan Pendaki Gunung, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tips Pendaki Gunung Dan 9 Misteri Di Balik Keindahan Gunung Semeru Ini Akan Membangkitkan Bulu Kudukmu, Berani? - Mapala Indonesia, kami telah mempersiapkan bahan-bahan artikel ini dan mengolahnya dengan baik dari berbagai sumber untuk dibaca dan mengambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Misteri Gunung, yang kami tulis dan kami sajikan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca dan menyimak artikel ini.

Judul : Tips Pendaki Gunung Dan 9 Misteri Di Balik Keindahan Gunung Semeru Ini Akan Membangkitkan Bulu Kudukmu, Berani? - Mapala Indonesia
link : Tips Pendaki Gunung Dan 9 Misteri Di Balik Keindahan Gunung Semeru Ini Akan Membangkitkan Bulu Kudukmu, Berani? - Mapala Indonesia

Baca juga


Tips Pendaki Gunung Dan 9 Misteri Di Balik Keindahan Gunung Semeru Ini Akan Membangkitkan Bulu Kudukmu, Berani? - Mapala Indonesia

misteri gunung semeru yang akan membuatmu takut

Keindahan gunung Semeru memang tidak ada yang meragukannya lagi, baik itu dengan 3 danaunya, Ranu Pani, Ranu Regulo dan Ranu Kumbolo. Hamparan bunga Edelweis di Kalimati, dan tak luput pemandangan menakjubkan yang bisa dilihat dari puncak Mahameru.

Apalagi dengan catatan bahwa gunung Semeru termasuk gunung tertinggi di Indonesia dan gunung paling tinggi di pulau Jawa, tidak heran bahwa gunung Semeru menjadi impian para pendaki gunung di Indonesia, maupun pendaki kancah Internasional.

Kenyataan bahwa gunung Semeru adalah gunung dengan status aktif dan mempunyai misteri, tidak pernah melunturkan semangat dan kemauan para pendaki untuk menjamahi keindahan panorama yang ditawarkan gunung Semeru.

Membahas mengenai misteri gunung Semeru, apakah kamu sudah mengetahui misteri apa saja yang ada di balik keindahan gunung Semeru?, apabila kamu belum mengetahuinya, maka di bawah ini saya sudah merangkum 9 misteri gunung Semeru.

1. Sosok Dewi di Ranu Kumbolo


sosok dewi di ranukumbolo

Ranu Kumbolo adalah sebuah danau yang di pinggirnya terdapat dataran luas, oleh karenanya, Ranu Kumbolo sering dijadikan tempat istirahat, mendirikan tenda, oleh para pendaki.

Namun, menurut kasak-kusuk dari cerita yang beredar, katanya, banyak para pendaki yang sedang beristirahat di sana melihat penampakan seorang wanita memakai kebaya kuning, sosok wanita tersebut sering muncul saat bulan purnama.

Konon, para penduduk sekitar berpendapat bahwa wanita yang sering muncul di Ranu Kumbolo adalah seorang Dewi yang ditugaskan menunggu danau Ranu Kumbolo. kemunculannya sering diawali dengan kepulan asap.

2. Ikan Mas yang Berada di Ranu Kumbolo

Di danau Ranu Kumbolo terdapat banyak jenis ikan, salah satunya adalah ikan mas, sehingga banyak pendaki yang menyisihkan waktunya untuk memancing di Ranu Kumbolo sebelum melanjutkan perjalanan, padahal, kegiatan memancing di Ranu Kumbolo adalah salah satu kegiatan yang dilarang oleh masyarakat sekitar.

Para penduduk di sekitar gunung Semeru meyakini bahwa ikan-ikan mas yang berada di Ranu Kumbolo adalah jelmaan para dayang seorang Dewi yang menjaga danau Ranu Kumbolo.

3. Salju di Ranu Kumbolo

Masih di danau Ranu Kumbolo, ternyata danau yang menyimpan banyak keindahan ini, juga menyimpan banyak misteri di dalamnya. misteri yang lainnya adalah salju yang terlihat di Ranu Kumbolo.

Sebagian kecil pendaki gunung Semeru mengaku pernah melihat dan merasakan bahwa terdapat salju di Ranu Kumbolo, padahal, hukum alam mengatakan bahwa mustahil melihat salju di dataran yang terletak di garis katulistiwa, kecuali di puncak gunung Jaya Wijaya.

Bagaimana penjelasan pastinya saya tidak begitu paham, namun sebagian orang mengatakan bahwa salju itu disebabkan oleh cuaca di Ranu Kumbolo yang terlalu dingin.

4. Tanjakan Cinta

Salah satu mitos yang paling menarik di gunung Semeru adalah mitos tentang tanjakan Cinta yang berada di dekat danau Ranu Kumbolo, tanjakan Cinta ini adalah tanjakan yang tidak terlalu terjal, namun jaraknya yang panjang, kadang bisa membuat para pendaki engos-engosan.

Konon, mitos mengatakan bahwa siapa saja yang mampu melewati tanjakan tersebut tanpa menoleh ke belakang dan tanpa sedikit pun istirahat, maka permohonan cintanya akan dikabulkan, dia akan mendapatkan seseorang yang didambakannya. Karena mitos itulah tanjakkan ini disebut tanjakan cinta.

5. Beragam Kesurupan yang Terjadi di Kelik

Kelik adalah salah satu bagian dari gunung Semeru, Kelik adalah tempat beberapa batu in memoriam yang menandakan orang-orang yang meninggal di gunung Semeru, termasuk batu in memoriam Soe Hok Gie berada di sana.

Namun ada satu hal yang membuat Kelik ini terdengar menakutkan, yakni, banyak sekali kejadian kesurupan yang terjadi kepada para pendaki, baik dirasuki oleh ruh manusia ataupun binatang.

7. Arcopodo, Dua Patung Para Prajurit


Arcopodo adalah jalur lintasan yang berada di antara hutan Kalimati dan puncak Semeru, memiliki dataran tanah yang lumayan luas dan menjadi tempat istirahat sebagian pendaki sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak Semeru.

Misteri di Arcopdo adalah terdapatnya dua patung prajurit yang hanya bisa dilihat oleh orang-orang yang mempunyai mata batin, patung tersebut dipercaya adalah dua makhluk yang menjaga kerajaan Majapahit.

Sesuai nama kawasan tersebut, Arcopodo artinya adalah dua Arca atau dua penjaga. Namun, tidak ada yang mengetahui pasti tentang seberapa besar ukuran ke dua patung tersebut, pasalnya, dari keterangan yang diambil dari para pendaki yang pernah melihatnya, jawabannya selalu berbeda, ada pendaki yang mengatakan setinggi ukuran anak kecil, bahkan ada pendaki melihatnya seukuran raksasa.

8. Misteri Mbah Dipo


Siapakah Mbah Dipo?, Mbah Dipo adalah juru kunci gunung Semeru, seseorang yang mengetahui tanda-tanda kapan gunung Semeru akan meletus, dan seseorang yang tinggal di kawasan paling bebahaya di bagian gunung Semeru.

Namun sayang, sekarang Mbah Dipo sudah tiada, pada masa beliau hidup, sebagian para pendaki meminta petunjuk kepada Mbah Dipo sebelum melakukan pendakian.

Sebelum Mbah Dipo meninggal dunia, beliau pernah memberikan nasihat kepada penduduk sekitar, kurang lebih bunyinya seperti ini,

Apabila gunung Semeru hendak meletus, maka kalian jangan lari ke arah gunung Sawur, namun larilah menuju sungai.

9. Misteri Blank 75 di Gunung Semeru


Baru-baru ini nama blank 75 cukup santer terdengar di telinga kita dikaitkan dengan para pendaki yang hilang atau tersesat, namun, seberapa berbahayakah kawasan blank 75 yang berada di gunung Semeru?.

Blank 75 adalah kawasan yang akan dilalui setiap pendaki yang melakukan pendakian ke puncak Mahameru, baik saat mereka naik maupun saat turun. Nama blank 75 sendiri diserap dari kawasan yang dipenuhi jurang cukup curam, rata-rata 75 meter dalamnya.

Sampai saat ini, kawasan blank 75 sudah cukup banyak memakan korban, kebanyakan korban terdampar di kawasan blank 75 saat mereka hendak turun dari puncak Mahameru, oleh sebab itu, kamu harus berhati-hati saat menuruni puncak Mahameru.


Baca juga: info Gunung Semeru, lengkap dengan letak, info transportasi dan jalur pendakiannya.

 
Demikian saya sampaikan beberapa misteri di balik keindahan gunung Semeru. Namun tentu saja, semua dikembalikan kepada diri kamu sendiri, apakah mau percaya atau tidak dengan misteri-misteri yang telah disebutkan di atas.

Satu hal yang pasti, percaya atau tidak, kamu harus tetap waspada, tidak melakukan hal-hal yang dianggap merusak kelestarian dan taat pada aturan saat kamu mendaki gunung Semeru.

Salam Lestari.


Demikianlah Artikel Tips Pendaki Gunung Dan 9 Misteri Di Balik Keindahan Gunung Semeru Ini Akan Membangkitkan Bulu Kudukmu, Berani? - Mapala Indonesia

Sekianlah artikel Tips Pendaki Gunung Dan 9 Misteri Di Balik Keindahan Gunung Semeru Ini Akan Membangkitkan Bulu Kudukmu, Berani? - Mapala Indonesia kali ini, mudah-mudahan isi artikel ini bisa memberi manfaat untuk sahabat pembaca dan silahkan untuk membagikannya. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tips Pendaki Gunung Dan 9 Misteri Di Balik Keindahan Gunung Semeru Ini Akan Membangkitkan Bulu Kudukmu, Berani? - Mapala Indonesia dengan alamat link https://misteripendaki.blogspot.com/2017/10/misteri-dibalik-gunung-semeru.html