] Tips Pendaki Gunung Dan 10 Gunung Tertinggi Di Dunia, Salah Satunya Ada Gunung Yang Dijuluki Sebagai "Kuburan" - Mapala Indonesia | Misteri Dan Pendaki Gunung

Tips Pendaki Gunung Dan 10 Gunung Tertinggi Di Dunia, Salah Satunya Ada Gunung Yang Dijuluki Sebagai "Kuburan" - Mapala Indonesia

Tips Pendaki Gunung Dan 10 Gunung Tertinggi Di Dunia, Salah Satunya Ada Gunung Yang Dijuluki Sebagai "Kuburan" - Mapala Indonesia - Hallo sahabat pembaca Misteri Dan Pendaki Gunung, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tips Pendaki Gunung Dan 10 Gunung Tertinggi Di Dunia, Salah Satunya Ada Gunung Yang Dijuluki Sebagai "Kuburan" - Mapala Indonesia, kami telah mempersiapkan bahan-bahan artikel ini dan mengolahnya dengan baik dari berbagai sumber untuk dibaca dan mengambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Info Gunung, yang kami tulis dan kami sajikan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca dan menyimak artikel ini.

Judul : Tips Pendaki Gunung Dan 10 Gunung Tertinggi Di Dunia, Salah Satunya Ada Gunung Yang Dijuluki Sebagai "Kuburan" - Mapala Indonesia
link : Tips Pendaki Gunung Dan 10 Gunung Tertinggi Di Dunia, Salah Satunya Ada Gunung Yang Dijuluki Sebagai "Kuburan" - Mapala Indonesia

Baca juga


Tips Pendaki Gunung Dan 10 Gunung Tertinggi Di Dunia, Salah Satunya Ada Gunung Yang Dijuluki Sebagai "Kuburan" - Mapala Indonesia

10 gunung tertinggi di dunia

Kata orang-orang, gunung adalah paku bumi, karena adanya gunung, dunia ini tidak melayang dan hancur, namun menurutku, gunung bukan hanya sebatas paku bumi, lebih berharga dari itu, gunung adalah guru yang mengajarkan setiap nilai kehidupan. Semakin tinggi gunung yang kita daki, semakin banyak pula pelajaran yang bisa didapatkan.

Lantas, di dunia ini, gunung mana yang paling mampu mengajarkan nilai-nilai kehidupan?, gunung apa yang paling tinggi di dunia?, gunung apa saja yang menjadi sebuah kebanggaan setelah para pendaki gunung mencapai puncaknya?, gunung mana yang paling susah didaki?.

Semua pertanyaan-pertanyaan di atas bisa dijawab dengan mengetahui gunung-gunung tertinggi di dunia. Langsung di bawah sini, inilah,

10 gunung tertinggi di dunia.

1. Everest, Pegunung Himalaya, Tibet dan Nepal.

Gunung yang paling tinggi di dunia adalah pegunungan Everest, termasuk pegunungan Himalaya dan berada di Tibet dan Nepal. Gunung ini sengaja disebut dengan nama Everest untuk menghormati orang yang pertama kali menjelajah gunung tertinggi ini. Yah, namanya adalah George Everest.

Membicarakan ketinggian gunung Everest, ada sedikit perbedaan mengenainya, Pemerintah Nepal dan China meyakini bahwa ketinggian dari gunung ini adalah 8.848 mdpl, sedangkan hasil dari pengukuran yang dilakukan pada tahun 1856 adalah 8.839 MDPL. Namun ternyata pengumuman dari pengukuran itu, gunung Everest dinyatakan memiliki ketinggian 8.840. Perbedaan ini terjadi karena perubahan pada ketinggian gunung dari waktu ke waktu, gunung tertinggi ini akan terus bertambah tinggi karena pergerakan lempeng tektonik kawasan tersebut. Bahkan menurut bacaan Sistem Posisi Global (GPS), sekarang ketinggiannya berada pada angka 8.850 MDPL.

Ada sedikit cerita tentang gunung Everest ini, karena ketinggiannya, dataran dari 7.000 mdpl ke atas itu hanya mempunyai sedikit oksigen, bahkan tidak sedikit para ahli yang mengatakan bahwa tuhan menciptakan kawasan puncak gunung Everest tidak untuk didatangi oleh manusia.

Namun, meskipun demikian, banyak sekali pendaki gunung hebat yang tertantang untuk menginjakkan kaki mereka di atas puncak Everest, akibatnya, dalam sejarah Everest, banyak sekali para pendaki yang menjadi korban keganasannya, sehinnga gunung ini dijuluki kuburan tertinggi.

2. K2 atau Godwin Austen, Pegunungan Korakoram, China dan Pakistan.

Gunung yang berada pada peringkat kedua ini diberi nama K2, nama ini berdasarkan sketsa yang dibuat Thomas Montgomerie dalam surveynya terhadap pegunungan Himalaya, dia membuat sketsa gunung ini dengan judul K2.

Sebelum penetapan nama tersebut, ada juga yang mengusung penamaan gunung ini dengan Godwin Austin, yap, Godwin Austin adalah orang yang pertama kali menjelajah gunung ini, namun, pengusungan nama ini ditolak oleh pemerintah setempat, karena menurut mereka gunung ini terlalu hebat untuk dinamai dengan nama manusia yang lemah. good's territory, kata mereka.

Seberapa hebat sih gunung ini, sehingga nama manusia tidak pantas disandingkan pada gunung K2?. Menurut saya, gunung ini tidak hebat, namun gunung ini sangat menakutkan sehingga banyak pendaki gunung yang menjulukinya dengan sebutan Gunung Maut.

Apabila bertanya mengenai gunung tertinggi di dunia, maka jawabannya adalah Everest. Namun jika bertanya mengenai gunung paling mengerikan, menakutkan dan keganasan maka jawabannya adalah gunung K2.

Kenapa?. Karena di atas gunung tersebut, rentan sekali terjadinya badai, badai bisa kapan saja terjadi, setiap hari dan berhari-hari lamanya. Bahkan pada tahun 2004, tercatat dari 302 pendaki ada 56 pendaki yang menjadi korban kengeriannya dalam dekade satu tahun tersebut. Banyak orang yang mengatakan bahwa mendaki gunung K2 adalah kegiatan gila yang menjemput maut.

Soal ketinggiannya adalah 8,611 mdpl.

3. Kangchenjunga, Pegunungan Himalaya, India dan Nepal.

Gunung yang berada pada urutan nomor tiga ini memiliki lima puncak, yaitu, Kangchenjunga Utama, Kangchenjunga Barat atau Yalung Kang, Kangchenjunga Tengah dan Kangchenjunga Selatan, nama Kangchenjunga pun terilhami dari lima puncak tersebut, Kangchenjunga yang berarti Lima Harta Karun Salju.

Lima puncak tersebut diyakini adalah simbol benda-benda suci milik para dewa, yakni, Emas, Permata, Perak, Biji-bijian dan Kitab Suci.

Ketinggian puncak tertinggi pada gunung Kangchenjunga adalah 8,586 mdpl, sedangkan puncak yang paling rendah mencapai 5,450 mdpl.

4. Lotse 1, Pegunungan Himalaya, Tibet dan Nepal.

Gunung Lotse adalah gunung yang letaknya paling dekat dengan gunung Everest, saat para pendaki gunung berhasil mencapai puncak Everest, maka gunung Lotse 1 adalah pemandangan yang sangat indah, jika cuaca di sana sedang cerah.

Gunung Lotse pun sangat diminati oleh para pendaki gunung di dunia karena pemandangannya yang terkenal sangat-sangat indah dan gunung ini tidak sekejam dan seganas gunung Everest dan gunung K2.

Soal ketinggian gunung Lotse 1, gunung ini mempunyai ketinggian 8,516 mdpl dan terkadang ketinggiannya menurun saat musim panas tiba karena esnya meleleh oleh panasnya cahaya matahari, meskipun saat musim panas tiba, namun ketinggiannya tidak pernah kurang dari 8,000 mdpl.

5. Makalu, Pegunungan Himalaya, Tibet dan Nepal.

Gunung nomor 5 tertinggi di dunia ini masuk dalam jajaran pegunungan Himalaya, gunung ini identik dengan bentuknya yang unik yang menyerupai piramida empat sisi dan gunung Makalu terletak hanya 19 KM ke tenggara dari gunung Everest.

Ketinggian gunung Makalu adalah 8,453 mdpl.

6. Cho Oyu, Pegunungan Himalaya, Nepal dan Tibet.

Gunung yang memiliki puncak tertiggi di dunia urutan ke-6 ini mempunyai nama Cho Oyu yang artinya adalah Dewi Turquoise. Sebagian penduduk Nepal menyebut gunung ini dengan sebutan gunung Jubo Uyog.

Gunung Cho Oyu terletak tidak jauh dari gunung Everest sebelah barat, puncaknya menjulang gagah bersamaan dengan puncak gunung Everest, Makalu, Lotse dan gunung-gunung yang lainnya.

Gunung ini sangat disukai oleh para pendaki yang mendaki gunung Everest lewat jalur dinding sebelah utara karena pada bagian gunung Cho Oyu terdapat dataran rata yang luas yang bernama Nangpa La. Nangpa La Sendiri konon adalah tempat perdagangan barter antara Khumbu Sherpa dan Tibet pada jaman dahulu.

Ketinggian gunung Cho Oyu adalah 8.201 mdpl.

7. Dhaulagiri, Pegunungan Himalaya, Nepal.

Gunung Dhaulagiri berdiri pada urutan nomor 7 dalam pembahasan kita kali ini, berbicara mengenai nama yang tersanding pada gunung ini, Dhaulagiri mempunyai arti putih dan indah, mungkin penamaan ini terilhami dari pemandangan yang disajikan oleh gunung bersalju ini, putih dan indah.

Gunung Dhaulagiri adalah kawasan penting bagi negara Nepal karena gunung Dhaulagiri adalah pusat wisata di negara itu.

Soal ketinggian, gunung Dhaulagiri memiliki ketinggian 8.167 mdpl.

8. Manaslu, Pegunungan Himalaya, Nepal.

Gunung yang berada pada urutan nomor 8 ini adalah gunung yang disucikan oleh penduduk Nepal, oleh karenanya gunung ini dinamakan Manaslu yang mempunyai arti sepiritual, kecerdasan, jiwa atau roh.

Pembahasan mengenai letaknya, terdapat masalah kepemilikan pada gunung Manaslu ini, itu disebabkan karena yang letaknya terdapat pada perbatasan negara Nepal dan Jepang. Pemerintahan Jepang mengklaim bahwa gunung ini milik Jepang sepenuhnya dan begitu juga dengan negara Nepal.

Gunung ini memiliki puncak yang berada pada ketinggian 8,163 mdpl.

9. Nanga Parbat, Pegunungan Himalaya, Pakistan.

Nanga Parbat adalah sebuah gunung yang terletak di negara Pakistan bagian utara, dia menjadi gunung ke-9 tertinggi di dunia dan menjadi gunung kebanggaan negara Pakistan.

Banyak para pendaki yang mengagumi negara Pakistan karena memiliki gunung-gunung yang tingkat kesulitan dalam pendakiannya di atas rata-rata. Sebagaimana gunung K2, gunung Nanga Parbat pun memiliki tingkat kesulitan yang sama luarbiasanya. Karena medannya yang sulit, sehingga gunung Nanga Parbat dijuluki sebagai The Man Eater.

Gunung Nanga Parbat mempunyai ketinggian 8.126 mdpl.

10. Annapurna, Pegunungan Himalaya, Tibet.

Gunung yang berada pada urutan ke-10 mempunyai nama Annapurna, dalam bahasa sanskrit, Annapurna mempunyai arti tuhan musim panen atau sang pemberi, nama lain dari gunung ini adalah Annaporna dan Morshiadi.

Annapurna adalah nama lain dari kebuasan, apabila menakutkan dan mengerikan adalah wajah dari gunung K2, maka buas dan mematikan adalah wajah dari gunung Annapurna, karena gunung ini adalah gunung yang paling banyak memakan korban.

Dengan kekejamannya terhadap para pendaki, maka Annapurna dideskripsikan sebagai 'Gunung yang memiliki keangkuhan yang luar biasa. Trek yang sangat sadis akan menunggumu jika kamu berniat untuk mendaki gunung yang satu ini.

Meskipun gunung ini buas dan mematikan, namun hal itu tidak membuat para pendaki enggan untuk bercengkrama dengan gunung Annapurna, bahkan dari tahun ke tahun, para pendaki terus berdatangan untuk menyatroni gunung Annapurna yang tidak pernah sepi dari para pendaki.

Hal itu disebabkan oleh panorama gunung Annapurna yang sangat memukau bagi para penggiat alam bebas, terlebih ketika datang sunrise, maka warna gunung tersebut akan berubah menjadi warna kuning ke-emasan, memantulkan cahaya matahari senja.

Berbicara mengenai ketinggiannya, gunung Annapurna mempunyai puncak setinggi 8.091 mdpl.



Baca juga: 10 gunung tertinggi di Indonesia, apakah ada salah satunya di provinsi kamu?.

Demikian adalah daftar 10 gunung tertinggi di dunia, semoga suatu saat nanti kita bisa mendaki salah satu gunung dari kesepuluh gunung tersebut. Amiin.

Semoga bermanfa'at dan salam lestari!.


Demikianlah Artikel Tips Pendaki Gunung Dan 10 Gunung Tertinggi Di Dunia, Salah Satunya Ada Gunung Yang Dijuluki Sebagai "Kuburan" - Mapala Indonesia

Sekianlah artikel Tips Pendaki Gunung Dan 10 Gunung Tertinggi Di Dunia, Salah Satunya Ada Gunung Yang Dijuluki Sebagai "Kuburan" - Mapala Indonesia kali ini, mudah-mudahan isi artikel ini bisa memberi manfaat untuk sahabat pembaca dan silahkan untuk membagikannya. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tips Pendaki Gunung Dan 10 Gunung Tertinggi Di Dunia, Salah Satunya Ada Gunung Yang Dijuluki Sebagai "Kuburan" - Mapala Indonesia dengan alamat link https://misteripendaki.blogspot.com/2017/10/10-gunung-tertinggi-dunia.html