] Tips Pendaki Dan Perlengkapan Mendaki Gunung, 24 Barang Ini Akan Membuatmu Lebih Siap Untuk Mendaki - Mapala Indonesia | Misteri Dan Pendaki Gunung

Tips Pendaki Dan Perlengkapan Mendaki Gunung, 24 Barang Ini Akan Membuatmu Lebih Siap Untuk Mendaki - Mapala Indonesia

Tips Pendaki Dan Perlengkapan Mendaki Gunung, 24 Barang Ini Akan Membuatmu Lebih Siap Untuk Mendaki - Mapala Indonesia - Hallo sahabat pembaca Misteri Dan Pendaki Gunung, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tips Pendaki Dan Perlengkapan Mendaki Gunung, 24 Barang Ini Akan Membuatmu Lebih Siap Untuk Mendaki - Mapala Indonesia, kami telah mempersiapkan bahan-bahan artikel ini dan mengolahnya dengan baik dari berbagai sumber untuk dibaca dan mengambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Perlengkapan, yang kami tulis dan kami sajikan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca dan menyimak artikel ini.

Judul : Tips Pendaki Dan Perlengkapan Mendaki Gunung, 24 Barang Ini Akan Membuatmu Lebih Siap Untuk Mendaki - Mapala Indonesia
link : Tips Pendaki Dan Perlengkapan Mendaki Gunung, 24 Barang Ini Akan Membuatmu Lebih Siap Untuk Mendaki - Mapala Indonesia

Baca juga


Tips Pendaki Dan Perlengkapan Mendaki Gunung, 24 Barang Ini Akan Membuatmu Lebih Siap Untuk Mendaki - Mapala Indonesia

daftar perlengkapan saat mendaki gunung

Sebelum kita melakukan sebuah pendakian, gunung mana pun yang akan kamu daki, sudah sepantasnya kita memahami dan menyadari bahwa kegiatan mendaki gunung bukanlah liburan santai seperti liburan ke pantai, atau jalan-jalan sellow kaya liburan di pulau. Hhe.

Tapi, mendaki gunung adalah sebuah kegiatan yang memberikan pengalaman berharga sekaligus memiliki 1001 resiko. Pada saat kamu melakukan sebuah pendakian, kamu akan menghadapi segala kemungkinan yang ada di alam terbuka, seperti angin dingin bagaikan pisau tajam, cuaca yang sulit ditebak, suhu udara yang mampu semua anggota badan menggigil atau keadaan-keadaan yang tidak diinginkan lainnya.

Saya jadi teringat sebuah kutipan kata-kata mutiara untuk mendaki dari perkataan William Artur Ward, seorang pendaki senior nan tersohor, kata dia bahwa

Pendaki yang berpengalaman tidak akan pernah terintimidasi oleh gunung, namun dia akan terinspirasi.

Yup, seorang pendaki berpengalaman tidak akan merasa sengsara oleh ganasnya alam liar, dia akan menikmati setiap apa yang diberikan oleh alam. Kemudian bagaimana cara supaya kita tidak merasa terintimidasi oleh alam liar atau gunung?.

Yakni, seorang pendaki berpengalaman akan membawa setiap perlengkapan pendakian gunung untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan. Kamu tidak perlu menunggu menjadi pendaki berpengalaman untuk membawa perlengkapan pendakian gunung yang lengkap, sebuah kesalahan pendaki pemula adalah mereka meremehkan perlengkapan yang harus ditanggung dalam carrier.

Mereka tidak mau membawa perlengkapan lengkap karena tidak ingin membawa carrier yang terlalu berat, padahal, semakin lengkap perlengkapan yang kamu bawa, semakin mudah pula kamu menikmati alam yang indah.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan daftar perlengkapan pedakian gunung untuk pemula, apa sajakah perlengkapan yang harus kamu bawa saat hendak mendaki?. Langsung di bawah sini.

1. Perlengkapan Mendaki Gunung Untuk Kelompok.

1. Kompor.


kompor buat mendaki gunung

Banyak sekali jenis, model dan macam kompor yang bisa kamu bawa dalam sebuah pendakian, namun saya sarankan untuk membawa kompor kecil yang bahan bakarnya dari gas berukuran kecil seperti pada gambar di atas, karena kompor seperti itu tidak akan memakan banyak ruang pada carrier dan juga aman untuk digunakan.

Info: Untuk membeli bahan bakar gas yang berukuran kecil, kamu bisa membelinya di Indomart atau Alfamart terdekat. Hanya informasi, bukan maksud iklan, supaya kamu mengetahuinya.

2. Tenda.
 

Seperti kompor, tenda juga banyak jenisnya, namun tenda yang paling populer di kalangan para pendaki gunung adalah tenda jenis dome, bukan tanpa alasan, tenda dome adalah tenda yang termasuk mudah dalam mendirikannya, bentuknya yang sederhana dan rata-rata tenda ini tidak terlalu berat untuk dipikul dalam carrier kamu.

3. Peralatan memasak.

Selain kompor, kamu juga pasti membutuhkan peralatan memasak lainnya, seperti wajan penggorengan dll. Saya sarankan, untuk meringankan beban kamu dan menghemat ruang di dalam carrier, sebaiknya kamu membawa peralatan memasak yang berukuran kecil.

4. Kamera.

Sebagai pendaki yang kekinian, sebaiknya membawa kamera, bukan untuk narsis-narsisan, namun hanya untuk mengabadikan keindahan alam yang telah tuhan berikan kepada kita. Walau bagaimanapun, momen ketika kita dalam dekapan sang alam adalah momen-momen indah dalam hidup yang harus kita abadikan.

2. Perlengkapan Untuk Pribadi.

1. Tas gunung atau carrier.

Lebih gede, lebih bagus, karena dengan besarnya carrier, otomatis semua perlengkapan yang dibutuhkan saat kamu berada di gunung akan terbawa semuanya.

2. Tas selendang.

Tas selendang kamu butuhkan untuk membawa barang yang kecil dan berharga, seperti HP, kamera atau berkas-berkas perizinan mendaki.

3. Jaket yang hangat.

Bukan jaket yang tebal, melainkan jaket yang hangat, kamu tidak perlu membawa jaket yang terlalu tebal, asalkan hangat jaket tipis pun tidak masalah. Karena, jika kamu membawa jaket yang tebal, nanti ruang dalam carrier kamu bisa habis dengan jaket tersebut.

4. Pakaian.

Jangan pernah berpikiran untuk membawa hanya satu buah baju, kamu harus membawa dua buah baju, karena baju untuk istirahat dan mendaki harus dibedakan, jangan sampai kamu tidur dengan baju yang masih dilumuri dengan keringat.

5. Matras.

Tidur di atas tanah, langsung tanpa matras, itu rasanya gak enak banget men, pas pertama kali saya mendaki gunung, hal itu sempat saya cobain. Hhe.

6. Sepatu gunung.

Sebagaimana perkataan Terri Guillemets,

Ketika kamu mendaki, kamu membutuhkan sepatu dan mental yang istimewa.

7. Sandal gunung.

Biar lebih renyah pendakian, kamu gunakan sepatu untuk mendaki gunung dan menggunakan sandal untuk menuruni gunung.

8. Sleeping bag.

Udara di gunung itu sangat dingin brader. Biar tidurnya nyenyak dan bisa mengumpulkan tenaga, kamu harus bawa sleeping bag.

9. Senter.

Bagi saya senter adalah nafas ketika saya melakukan perjalanan malam.

10. Tongkat.

Tongkat adalah sebuah kewajiban ketika kamu mendaki di saat musim hujan.

11. Kaca mata.

Berguna untuk melindungi mata dari debu dan sinar matahari.

12. Kompas.

Sebuah alat paling penting untuk survive dalam sebuah pendakian.

13. Jam tangan.

Salah satu alat survive di tengah-tengah belantara dan dengan membawa jam tangan, kamu bisa mengatur waktu dengan baik supaya rombongan kamu tidak ketinggalan momen sunrise.

14. Jas hujan atau payung.

Kamu akas bersyukur sekali membawa salah satu barang antara jas hujan atau payung saat kamu mendaki di musim hujan.

15. Sarung tangan.

Karena udara pada ketinggian sangat dingin, saya sarankan supaya kamu melindungi tangan kamu dengan sarung tangan.

16. Topi.

Sangat disarankan untuk membawa topi rimba untuk melindungi kepalamu dari teriknya sinar matahari.

17. syal.

Buat melindungi lehermu dari dinginnya angin gunung.

18. Korek api.

Bagi para pendaki yang suka merokok, mungkin barang ini adalah sebuah kewajiban mutlak, namun bukan hanya para pendaki yang merokok saja yang harus bawa korek api, semua pendaki pun disarankan untuk membawa korek api, karena, korek api termasuk barang survive di alam terbuka.

19. Pisau serbaguna.

Hati-hati ketika kamu menyimpan barang tajam. Jangan lupa untuk melipat atau membungkusnya sebelum kamu memasukannya ke dalam carrier atau kantong sakumu.

20. Perlengkapan mandi.

Sampo, sikat gigi dan odol adalah perlengkapan mandi yang paling penting.

21. Perlengkapan P3K.

Banyak pendaki yang enggan untuk membawa perlengkapan P3K, padahal, ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada mereka, barang ini sangat-sangat dibutuhkan.

Itulah daftar perlengkapan pendakian gunung untuk pemula. Untuk mengurangi kabar-kabar buruk dalam dunia pendakian, saya mohon supaya kamu meluangkan waktu sedikit untuk membantu membagikan artikel ini kepada saudara-saudara kita dalam dunia pendakian.


Demikianlah Artikel Tips Pendaki Dan Perlengkapan Mendaki Gunung, 24 Barang Ini Akan Membuatmu Lebih Siap Untuk Mendaki - Mapala Indonesia

Sekianlah artikel Tips Pendaki Dan Perlengkapan Mendaki Gunung, 24 Barang Ini Akan Membuatmu Lebih Siap Untuk Mendaki - Mapala Indonesia kali ini, mudah-mudahan isi artikel ini bisa memberi manfaat untuk sahabat pembaca dan silahkan untuk membagikannya. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tips Pendaki Dan Perlengkapan Mendaki Gunung, 24 Barang Ini Akan Membuatmu Lebih Siap Untuk Mendaki - Mapala Indonesia dengan alamat link https://misteripendaki.blogspot.com/2016/10/tips-pendaki-perlengkapan-mendaki.html