] Tips Pendaki Gunung Dan 8 Misteri Gunung Rinjani, 4 Pendaki Menjadi Korban, Seberapa Angkerkah? - Mapala Indonesia | Misteri Dan Pendaki Gunung

Tips Pendaki Gunung Dan 8 Misteri Gunung Rinjani, 4 Pendaki Menjadi Korban, Seberapa Angkerkah? - Mapala Indonesia

Tips Pendaki Gunung Dan 8 Misteri Gunung Rinjani, 4 Pendaki Menjadi Korban, Seberapa Angkerkah? - Mapala Indonesia - Hallo sahabat pembaca Misteri Dan Pendaki Gunung, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tips Pendaki Gunung Dan 8 Misteri Gunung Rinjani, 4 Pendaki Menjadi Korban, Seberapa Angkerkah? - Mapala Indonesia, kami telah mempersiapkan bahan-bahan artikel ini dan mengolahnya dengan baik dari berbagai sumber untuk dibaca dan mengambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Misteri Gunung, yang kami tulis dan kami sajikan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca dan menyimak artikel ini.

Judul : Tips Pendaki Gunung Dan 8 Misteri Gunung Rinjani, 4 Pendaki Menjadi Korban, Seberapa Angkerkah? - Mapala Indonesia
link : Tips Pendaki Gunung Dan 8 Misteri Gunung Rinjani, 4 Pendaki Menjadi Korban, Seberapa Angkerkah? - Mapala Indonesia

Baca juga


Tips Pendaki Gunung Dan 8 Misteri Gunung Rinjani, 4 Pendaki Menjadi Korban, Seberapa Angkerkah? - Mapala Indonesia

misteri gunung rinjani dan kisah korban gunung rinjani

Gunung Rinjani, Lombok, terkenal dengan keindahan alamnya yang mampu membuat kita terkagum, namun, tahukah kamu, di balik keindahannya, gunung Rinjani mempunyai beberapa misteri berbalut suasana angker yang ada di dalamnya.

Percaya atau tidak, gunung Rinjani memang mempunyai mitos dan dijadikan tempat suci oleh penduduk sekitar. Nah, pada artikel ini, kita tidak akan membicarakan keindahan gunung Rinjani, namun, kita akan membicarakan angkernya misteri di balik keindahan gunung Rinjani. Langsung di bawah sini.

Sejarah Penamaan Gunung Rinjani.

Dalam sejarah penamaan gunung Rinjani, ada tiga perbedaan cerita kenapa gunung yang berada di Lombok ini dinamakan Rinjani. Ini dia tiga cerita tersebut.

1. Banyak masyarakat setempat yang beranggapan bahwa nama Rinjani berasal dari bahasa Jawa Kuno yang mempunyai arti 'Tuhan.

2. Konon pada jaman dahulu, ada seorang putri kerajaan yang bernama Anjani, menjalin hubungan cinta dengan seorang laki-laki miskin, sontak saja sang raja tidak merestui hubungan cinta putri Anjani.

Hingga pada akhirnya, karena putus asa, sang raja tidak kunjung merestui hubungan cintanya, putri Anjani mengasingkan diri di sebuah gunung yang berada di Lombok, menghabiskan sisa hidupnya dengan bersemedi di puncak gunung tersebut, sehingga semua jin yang berada di gunung itu mengangkat putri Anjani menjadi ratu kerajaan jin di gunung tersebut. Al hasil gunung tersebut dinamai Rinjani yang diilhami dari nama putri Anjani.

3. Sejarah lain menceritakan bahwa nama Rinjani di ambil dari seorang putri kerajaan bernama putri Rinjani yang menemani ayahnya, sang raja, untuk bersemedi di gunung yang terletak di Lombok.

Misteri Danau Segara Anak.

Danau Segara Anak adalah sebuah danau yang berada di gunung Rinjani, apabila kamu mendaki gunung Rinjani melalui jalur Senaru, kamu akan melewatinya dan kamu bisa mendirikan tenda di tepi danau Segara Anak karena di sana tersedia area tanah datar yang luas.

Danau ini pun adalah pesona unggulan dari gunung Rinjani, berada di ketinggian sekitar 2.000 mdpl.

Berbicara mengenai misteri, danau Segara Anak pun memiliki beberapa misteri yang akan disebutkan di bawah ini.

1. Misteri Pendaki Kanada yang Hampir Meninggal.

Pada tahun 1990, ada seorang pendaki asal negara Kanada yang ingin mencoba berenang menyebrangi danau Segara Anak untuk menuju pulau kecil, tumpukan abu vulkanik, yang berada di tengah-tengah danau Segara Anak.

Namun bukannya sampai di pulau kecil tersebut, pendaki asal Kanada itu hampir meninggal karena kehabisan tenaga di tengah percobaannya.

2. Tenggelamnya Pendaki Asal Jepang.

Pada waktu itu, salah seorang pendaki gunung Rinjani asal negara Jepang kehilangan sepatunya karena terjatuh ke dalam danau Segara Anak, sontak saja pendaki tersebut berusaha mengambil sepatunya dan menyelam ke dalam danau Segara Anak.

Namun, niat sang pendaki Jepang untuk mengambil kembali sepatunya tidak pernah terwujudkan sampai sekarang, karena pendaki itu sendiri belum kunjung terlihat keluar dari danau Segara Anak.

3. Bagi Penduduk Setempat, Danau Segara Anak Adalah Tempat Suci.

Bagaikan tempat suci lainnya, menurut penduduk setempat, danau Segara Anak tidak bisa direnangi oleh sembarang orang, hanya orang-orang yang mempunyai tubuh dan hati yang sucilah yang boleh merenangi danau Segara Anak.

Bahkan, pada setiap tahunnya, di danau Segara Anak, masyarakat Bali yang beragama Hindu dan penduduk suku Sasak yang beragama Islam selalu mengadakan upacara adat dan keagamaan di depan danau Segara Anak, hal itu dipercaya bisa memberikan keselamatan kepada mereka.

Mitos menarik dari danau Segara Anak mengatakan bahwa, siapa saja yang melihat danau Segara Anak begitu luas, maka umur orang tersebut akan panjang, namun sebaliknya, siapa saja yang melihat danau Segara Anak begitu sempit, maka umur orang tersebut akan pendek.

Pun dengan sumber air panas yang berada di sekitar danau Segara Anak, diyakini bisa memberikan pengobatan untuk semua penyakit yang diderita oleh manusia.

Selain itu, sumber air panas tersebut dipercaya bisa mendeteksi kesaktian sebuah keris, apabila sebuah keris dimasukan ke dalamnya dan keadaan keris tersebut berubah menjadi lengket, maka sudah bisa diketahui bahwa keris tersebut tidak memiliki kesaktian. Sedangkan, apabila keris tersebut tetap dalam keadaan semula, maka sudah diketahui bahwa keris tersebut memiliki kesaktian.

Misteri Puncak Gunung Rinjani.

Selain terkenal dengan keindahan alamnya yang sangat merona, puncak gunung Rinjani pun dikenal oleh penduduk setempat sebagai tempat bersemayamnya ratu dari kerajaan jin yang baik, ratu jin tersebut dikenal dengan nama Ratu Anjani. Sebagaimana cerita yang sudah saya jelaskan di awal artikel ini.

Oleh sebab itu, para penduduk sekitar, termasuk masyarakat Lombok dan Bali, selalu mengadakan upacara adat di puncak gunung Rinjani.

Misteri Larangan Menapakkan Kaki di Kawasan Tertentu.

Gunung Rinjani mempunyai kawasan yang diyakini tidak boleh ada manusia yang memasuki kawasan tersebut, sampai saat ini, tidak ada orang yang berani memasuki kawasan terlarang tersebut, kecuali seorang pendaki gunung yang ingin membuktikan bahwa mitos tersebut salah dan tidak benar.

Pendaki tersebut beranggapan bahwa manusia sebagai makhluk paling mulia boleh memasuki kawasan mana pun yang manusia mau, masuklah dia ke dalam kawasan yang dilarang tersebut dengan membawa alat-alat lengkap, seperti GPS, HT, HP, kompas dan peta.

Namun hingga saat ini, pendaki itu tidak pernah keluar dari kawasan yang dilarang itu, menurut paranormal setempat, pendaki tersebut hidup di dunia jin.

Demikian adalah beberapa cerita dan informasi mengenai angkernya misteri gunung Rinjani yang bisa saya bagikan kepada kamu, dalam menanggapi semua misteri di atas, semua kembali pada keyakinan kamu, mau percaya atau tidak, mitos tetaplah mitos, misteri tetaplah misteri, ada namun tidak ada, tidak ada namun ada.


Baca juga: Info Gunung Rinjani. Letak, Persyaratan Mendaki dan Jalur Pendakian, Semuanya Bisa Kamu Ketahui.


Saya harap misteri-misteri di atas tidak menciutkan nyali kamu untuk mendaki gunung Rinjani, sengaja saya membagikan misteri di atas supaya para pendaki gunung tetap menjaga sopan santun saat berada dalam pendakian.

Semoga bermanfaat dan salam lestari.


Demikianlah Artikel Tips Pendaki Gunung Dan 8 Misteri Gunung Rinjani, 4 Pendaki Menjadi Korban, Seberapa Angkerkah? - Mapala Indonesia

Sekianlah artikel Tips Pendaki Gunung Dan 8 Misteri Gunung Rinjani, 4 Pendaki Menjadi Korban, Seberapa Angkerkah? - Mapala Indonesia kali ini, mudah-mudahan isi artikel ini bisa memberi manfaat untuk sahabat pembaca dan silahkan untuk membagikannya. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tips Pendaki Gunung Dan 8 Misteri Gunung Rinjani, 4 Pendaki Menjadi Korban, Seberapa Angkerkah? - Mapala Indonesia dengan alamat link https://misteripendaki.blogspot.com/2017/11/8-misteri-gunung-rinjani-pendaki-korban.html