] Tips Pendaki Gunung Dan Cara Mendirikan Tenda Dome, Berikut Dengan 10 Tips Mendirikan Tenda Supaya Kegiatan Pendakianmu Semakin Seru - Mapala Indonesia | Misteri Dan Pendaki Gunung

Tips Pendaki Gunung Dan Cara Mendirikan Tenda Dome, Berikut Dengan 10 Tips Mendirikan Tenda Supaya Kegiatan Pendakianmu Semakin Seru - Mapala Indonesia

Tips Pendaki Gunung Dan Cara Mendirikan Tenda Dome, Berikut Dengan 10 Tips Mendirikan Tenda Supaya Kegiatan Pendakianmu Semakin Seru - Mapala Indonesia - Hallo sahabat pembaca Misteri Dan Pendaki Gunung, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tips Pendaki Gunung Dan Cara Mendirikan Tenda Dome, Berikut Dengan 10 Tips Mendirikan Tenda Supaya Kegiatan Pendakianmu Semakin Seru - Mapala Indonesia, kami telah mempersiapkan bahan-bahan artikel ini dan mengolahnya dengan baik dari berbagai sumber untuk dibaca dan mengambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Skill, Artikel Tips, yang kami tulis dan kami sajikan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca dan menyimak artikel ini.

Judul : Tips Pendaki Gunung Dan Cara Mendirikan Tenda Dome, Berikut Dengan 10 Tips Mendirikan Tenda Supaya Kegiatan Pendakianmu Semakin Seru - Mapala Indonesia
link : Tips Pendaki Gunung Dan Cara Mendirikan Tenda Dome, Berikut Dengan 10 Tips Mendirikan Tenda Supaya Kegiatan Pendakianmu Semakin Seru - Mapala Indonesia

Baca juga


Tips Pendaki Gunung Dan Cara Mendirikan Tenda Dome, Berikut Dengan 10 Tips Mendirikan Tenda Supaya Kegiatan Pendakianmu Semakin Seru - Mapala Indonesia

tips mendirikan tenda dome

Mendaki gunung adalah hobi yang cukup ekstrim, sekaligus hobi yang seru sekali, saat mendaki gunung, kamu bisa melihat keindahan alam, merasakan kebersamaan yang hangat dan pengalaman-pengalaman seru lainnya.

Salah satu kegiatan yang paling seru adalah saat kamu dan teman-teman mendirikan tenda, untuk beristirahat dan mengumpulkan tenaga untuk melanjutkan pendakian menuju puncak gunung.

Asik sekali rasanya, setelah mendirikan tenda, kamu bisa bermain kartu dengan teman-teman sependakian, memasak, makan bareng-bareng dan tentunya, kegiatan yang paling indah dan mengesankan, yakni tidur. Hhe.

Namun semua keasikan yang kamu idamkan di dalam tenda, tidak bisa kamu rasakan apabila kamu tidak tahu cara mendirikan tenda, tenang saja, pada artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana mendirikan tenda dengan baik, supaya pendakianmu terasa sangat mengasikan.

Karena kebanyakan para pendaki memakai tenda Dome, maka cara yang akan saya berikan adalah cara mendirikan tenda Dome di tengah pendakian, berikut langkah-langkah yang akan membuatmu bisa mendirikan tenda Dome. Cobalah perhatikan langkah-langkah berikut dengan seksama.


Cara Mendirikan Tenda Dome

Langkah 1; Bentangkan Kain Terpal di Atas Tanah yang Datar

membentangkan terpal

Mungkin kamu tidak akan mendapatkan terpal saat membeli tenda, namun penggunaan terpal sebagai alas adalah sesuatu yang lumrah di kalangan para pendaki. Hal itu dilakukan supaya terpal bisa menjadi pembatas antara kelembaban tanah dan alas tenda. Apalagi saat kamu mendaki di musim hujan, sangat dianjurkan untuk mengalasi tendamu dengan terpal.

Caranya, bentangkanlah terpal di atas tanah datar sebelum mendirikan tenda, lipatlah ukuran terpal sedikit lebih kecil dibanding lebar tenda itu sendiri. Tujuannya, supaya air tidak masuk ke dalam terpal.

Langkah 2; Letakanlah Setiap Komponen Tenda di Atas Terpal

memeriksa komponen tenda

Periksalah setiap komponen tenda yang kamu bawa, apakah semuanya lengkap, takut-takut ada yang tertinggal atau hilang. Ini sangat penting, karena setiap komponen tenda bisa mempengaruhi bisa atau tidaknya tenda kamu didirikan.

Adapun komponen-komponen itu adalah;

  • Tenda
  • Flyset
  • Tiang Rangka
  • Pasak

Periksa, apakah 4 benda itu benar-benar komplit.

Langkah 3; Masukan Tiang Rangka ke Dalam Lubang-Lubang Tenda

memasukan tiang rangka ke dalam selubung tenda

Pertama-tama, bentangkan dulu tendanya di atas terpal tadi, kemudian cari selubung atau lubang-lubang yang biasanya tersedia di bagian luar tenda. Setelah kamu menemukannya, masukanlah satu-persatu tiang rangka ke dalam lubang selubung tadi. Biasanya dengan bentuk menyilang atau membentuk huruf "X".

Langkah 4; Dirikan Tenda Kamu

memasukan tiang rangka ke dalam lubang pin


Sekarang, masukanlah setiap ujung tiang rangka ke dalam lubang atau pin yang tersedia di pinggir-pinggir tenda. Dengan begitu, tiang rangka akan melengkung ke atas dan tenda kamu sudah membentuk dengan otomatis. Lakukanlah pekerjaan ini dengan teman pendakianmu, supaya tidak terlalu sulit.

Langkah 5; Kokohkan Tenda Dengan Pasak

memasang pasak
Ilustrasi: Wikihow

Supaya tendamu tidak terbang saat angin besar menerpa, hendaknya kamu memasang pasak pada setiap ujung tenda, dekat dengan pin tempat kamu memasukan ujung tiang rangka.

Langkah 6; Sempurnakan dengan Flyset

Bentangkan flyset di atas tenda, perhatikan bagian depan dan belakang, setelah dirasa pas dengan tenda, sekarang pasangkan flyset tepat di atas tenda. Sempurna!. Tenda kamu sudah berdiri. Selamat ya!.

Beberapa Tips Mendirikan Tenda Dome Di Tengah Pendakian


1. Kamu Harus Mencari Tahu Terlebih Dahulu Tentang Destinasi Tanah Di Mana Kamu Akan Mendirikan Tenda


Sebelum mendirikan tenda, alangkah baiknya apabila kamu melihat keadaan tanah yang nantinya kamu akan mendirikan tenda di atas tanah tersebut.


Lihatlah, apakah area tanah itu terdiri dari bebatuan, pasir ataupun tanah. Dengan mengetahui destinasi tanah tersebut, kamu bisa memprediksi, seperti apa tenda yang akan kamu dirikan.


2. Perhatikan Tenda yang Kamu Bawa, Apakah Memakai Pasak atau Tidak


Lihat juga bagaimana keadaan tenda yang kamu bawa, apakah membutuhkan pasak atau tidak, jika memakai pasak, maka tenda yang kamu bawa itu kurang tepat apabila didirikan di atas area yang berbatu dan pasir. Tenda yang memakai pasak lebih tepat didirikan di atas area yang permukaannya berupa tanah. Begitu pun sebaliknya.


3. Berapa Orang yang Akan Ikut Mendaki Denganmu


Sekarang, perhatikan berapa orang dalam tim pendakianmu dan tenda yang kamu bawa mampu menampung berapa orang dalam satu tenda, misalkan, rata-rata tenda dome bisa menampung 4 sampai 5 orang, maka apabila tim pendakianmu lebih dari 5 orang, berarti kamu harus membawa lebih dari satu tenda dome.


4. Pertimbangkan Berat Tenda


Bobot tenda pun harus menjadi bahan pertimbangan, dalam pendakianmu, usahakanlah membawa tenda yang mempunyai beban ringan,karena membawa tenda yang memiliki beban berat akan mempengaruhi asiknya pendakianmu, bisa jadi, tenda yang terlalu berat, akan menjadi masalah di tengah-tengah pendakian.


5. Pilihlah Warna Tenda yang Tepat


Jangan salah, warna tenda pun patut untuk diperhitungkan, karena warna tenda yang kamu dirikan akan berpengaruh pada kenyamanan istirahatmu ketika berada di dalam tenda.


Warna yang paling direkomendasikan adalah warna yang cerah, karena warna cerah akan memantulkan cahaya sinar matahari. Ketika mendirikan tenda di siang bolong, warna tenda yang cerah akan sangat membantumu.


6. Perhatikan Arah Mata Angin


Sebelum benar-benar mendirikan tenda, kamu pun harus memperhatikan arah angin, saat kamu sudah mengetahui ke mana arah mata angin, maka kamu bisa tempatkan pintu tenda membelakangi arah datangnya angin, hal ini supaya angin yang berhembus tidak langsung masuk ke dalam tendamu dan tidak membuatmu kedinginan.

7. Dirikanlah di Area yang Tertutup


Apabila memungkinkan, dirikanlah tenda di area yang cukup tertutup, baik oleh pepohonan atau rerumputan, hal ini berguna untuk melindungi tendamu dari hantaman langsun angin yang besar.

Namun, perhatikan juga pohon-pohon yang melindungi tenda kamu dari hantaman angin, jangan sampai mendirikan tenda di dekat pohon yang sudah lapuk, demi menghindari hantaman dari pohon yang tumbang, pohon yang sudah lapuk rawan akan tumbang.

8. Jangan Pernah Mendirikan Tenda di Tengah Jalur Pendakian


Dalam beberapa kasus di dalam pendakian, ada sebagian gunung-gunung yang pada waktu tertentu akan mengalami pelonjakkan pendaki yang mendaki di gunung-gunung tersebut, sehingga area tanah yang kosong sulit ditemukan.

Tentu saja, kasus seperti itu tidak menguntungkan bagi para pendaki yang datang belakangan, mereka tidak kebagian tempat untuk mendirikan tenda, kecuali mendirikan tenda di jalur pendakian, hanya area tanah jalur pendakian yang kosong.

Namun, meskipun kamu terjebak dalam kasus seperti di atas, jangan sampai berfikiran untuk mendirikan tenda di jalur pendakian, lebih baik tidak mendirikan tenda sama sekali, karena mendirikan tenda di jalur pendakian, akan menghalangi dan mengganggu para pendaki lain yang hendak melewati jalur tersebut.

9. Hindari Mendirikan Tenda di Pinggir Sungai


Seberapa pun kuatnya alasan kamu untuk mendirikan tenda di pinggir sungai, misal supaya sumber air lebih dekat, alasan itu tidak lantas memperbolehkan kamu untuk mendirikan tenda di pinggir sungai.

Resikonya terlalu tinggi, saat mendirikan tenda di pinggi sungai, bisa jadi, tendamu akan terbawa luapan air sungai yang bisa terjadi kapan saja, terlebih saat mendaki di musim hujan. Selain itu, sungai adalah sumber air bagi binatang-binatang yang berada di gunung, kamu tidak maukan kedatangan tamu yang tidak diundang.

10. Buatlah Parit Kecil yang Mengelilingi Tenda


Saat hujan turun, maka air yang di atas gunung akan mengalir ke bawah, termasuk lahan tanah yang dijadikan tempat mendirikan tendamu, akan dilewati oleh air yang turun ke bawah.

Oleh karena itu, kamu harus mensiasati hal itu dengan membuat parit kecil yang mengelilingi tendamu, parit kecil itu berfungsi sebagai penghalau air yang turun supaya tidak melewati tenda yang kamu dirikan.


Baca juga: Perlengkapan Mendaki Gunung, 24 Barang Ini Akan Membuatmu Lebih Siap Untuk Mendaki.


Demikian adalah cara dan tips mendirikan tenda dome saat mendaki gunung, apabila kamu mempunyai tips lain yang belum sempat saya sebutkan di atas, saya mohon supaya kamu membagikan tips itu di kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan salam lestari.


Demikianlah Artikel Tips Pendaki Gunung Dan Cara Mendirikan Tenda Dome, Berikut Dengan 10 Tips Mendirikan Tenda Supaya Kegiatan Pendakianmu Semakin Seru - Mapala Indonesia

Sekianlah artikel Tips Pendaki Gunung Dan Cara Mendirikan Tenda Dome, Berikut Dengan 10 Tips Mendirikan Tenda Supaya Kegiatan Pendakianmu Semakin Seru - Mapala Indonesia kali ini, mudah-mudahan isi artikel ini bisa memberi manfaat untuk sahabat pembaca dan silahkan untuk membagikannya. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tips Pendaki Gunung Dan Cara Mendirikan Tenda Dome, Berikut Dengan 10 Tips Mendirikan Tenda Supaya Kegiatan Pendakianmu Semakin Seru - Mapala Indonesia dengan alamat link https://misteripendaki.blogspot.com/2017/10/cara-mendirikan-tenda-dome.html